Sejarah Berdirinya Perpustakaan Bahrul Ulum



Secara de facto dan de yure SD Negeri Bandung 3 berdiri sejak tahun 1983 dan berstatus sebagai SD negeri. Namun, pada saat pembangunan unit gedung baru (UGB) SD Negeri Bandung 3 belum dilengkapi dengan pembangunan gedung perpustakaan. Gedung perpustakaan Bahrul Ulum SD Negeri Bandung 3 sebagai bagian dari keberadaan SD Negeri Bandung 3 berdiri pada tahun 2007 yang terletak di sebelah barat bagian tengah (depan ruang kantor guru) SD Negeri Bandung 3, pada saat itu yang bertanggung jawab adalah Bapak Harjo Pitoyo, S.Pd, dengan luas perpustakaan 56 m2. Dan mulai beroperasi pada tahun 2008.
Sejak berdirinya gedung perpustakaan Bahrul Ulum SDN Bandung 3, maka berbagai sumber belajar, seperti buku paket, alat peraga, dan media pembelajarn lainnya mulai ditata sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Penataan terus dilakukan, baik berkaitan dengan  ruangan maupun sarana prasarana pendukung secara berkelanjutan. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan jumlah koleksi buku dan pelayanan kepada warga sekolah.
Hadirnya gedung perpustakaan Bahrul Ulum SDN Bandung 3 sejak tahun 2008 merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di SDNegeri Bandung 3. Penataan dilakukan secara berkelanjutan dengan berbagai kreativitas, seperti penataan area dalam ruangan perpustakaan yang meliputi:
1)        Area Referensi, terdiri dari :
a.    Koleksi buku referensi, ensiklopedi, kamus, dan atlas
b.    Audio visual
2)        Area koleksi, ruang baca, dan meja baca lesehan.
3)        Area kerja dan ruang sirkulasi
4)        Area baca study carel
5)        Area fasilitas internet dan printer

Perpustakaan Bahrul Ulum memiliki struktur organisasi yang terstruktur dengan pembagian tugas yang jelas. Dengan moto memberikan pelayanan bahan pustaka cepat dan akurat, maka seluruh pengelola perpustakaan bertekad untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh warga sekolah dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENTUK PELAYANAN